20 Desember 2008

Hilux Double-Cab Meluncur Februari 2009

Toyota Hilux Double Cabin
Dalam mengembangkan produk untuk pasar Asia Tenggara Toyota menjalankan sebuah program unik. Bertajuk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV), program ini menyatukan lima jenis kendaraan dalam satu plafon.

Tiga jenis diantaranya sudah beredar di Indonesia, yaitu Toyota Kijang Innova, Fortuner dan Hilux Single-Cab. Dua lagi yaitu Hilux Smart Cab dan Double-Cab hanya beredar di Thailand. Namun dengan semakin besarnya permintaan mobil pikap modis dan multifungsi, Hilux Double-Cab akan segera merumput di Tanah Air.

Sepintas model kabin ganda tidak terlalu beda dengan pikap. Panjang keduanya pun sama, yaitu 5.130 mm. Namun ternyata D-Cab lebih tinggi dan lebar dari adiknya. Kendati untuk lebar lebih banyak dipengaruhi oleh desain overfender.

Lantaran lebih tinggi, D-Cab terlihat lebih gagah dari pikap biasa. Desain moncongnya pun terlihat lebih mewah dan gagah dari pikap yang minimalis. Aksen topi sombrero pada gril dengan lis menonjol membuatnya terlihat lebih macho.

Dari samping baru terlihat beda keduanya karena hadirnya kabin tambahan di belakang kokpit. Sedangkan tampilan buritan sama dengan pikap dengan lampu multireflektor indah sebagai penegas.
Toyota Hilux Cabin
Sebagai pikap mewah, desain kabin Hilux D-Cab lebih mirip dengan kepunyaan Fortuner yang mewah. Pada konsol tengah juga disediakan tuas pemindah sistem 4WD konvensional. Namun seperti umumnya D-Cab, sepertinya kabin belakang Hilux tidak akan selega Fortuner.

Untuk mesin kami merasa versi diesel 2.494 cc paling pantas dipakai. Apalagi jika disandingkan dengan sistem transmisi otomatis dan penggerak empat roda. Namun menilik situasi dan kondisi, model penggerak roda belakang ala Fortuner diesel paling layak dikedepankan.

Sebenarnya model ini akan dilansir bulan Desember 2008. Namun karena terhadang badai krisis ekonomi global, maka ia pun mengalami pengunduran jadwal. Tapi kami yakin, paling lambat bulan Februari ia akan menampakkan wujud aslinya.

Toyota Hilux Double Cabin
Mesin : 2.494 cc 4 silinder D4-D
Tenaga maksimum : 120 dk/3.600 rpm
Torsi maksimum : 325 Nm/2.000 rpm
Transmisi : 4-speed otomatis, 4WD; 5-speed manual RWD
0-100 km/jam : N/A
Top speed : N/A
Konsumsi bbm : N/A
Bobot : 1.825 kg
Dimensi (P/L/T) : 5.130/1.835/1.820 mm
Kapasitas bagasi : N/A
Harga : Rp 250-300 jutaan
Status : Confirmed
Dipasarkan : Kuartal pertama

Sumber : Otomotif

Tidak ada komentar: