24 Oktober 2008

Toyota Avanza 1,5 S A/T

Menginjak 4 tahun Toyota Avanza wara-wiri di tanah air, kali ini PT Toyota Astra Motor, ATPM Toyota merilis Avanza berwajah baru. Termasuk varian bermesin 1.500 cc dengan transmisi otomatik dengan harga Rp 153 juta (on the road, Jakarta) ini. Meski tergolong minor change, namun ada bebeapa hal penting yang ditambahkan pada Avanza versi teranyar ini. Apa saja?

FAKTOR KESELAMATAN
Avanza 1.5 S A/T baru ini memiliki fitur paling lengkap. Tentunya hal berbeda dengan varian lain sudah tampak pada eksteriornya. Bumper depan dengan gril dan air duct di bagian bawah bumper lebih besar, mencirikan tampang lebih besar dan mewah. Begitu juga dengan garnish fog lamp barunya, tampilannya jauh berubah dari versi lama.

Sementara di belakang terdapat garnish krom di bawah kaca jendela belakang. Begitu juga aksen di spion dengan lampu sein berdesain baru.

Memang ada kelengkapan lain yang ada di dalam interior. Setir dengan 4 spoke, member! kesan berbeda, seolah mengendarai mobil kelas di atasnya. Lantas, fasilitas lain yaitu sistem audio dengan headunit 2 DIN dengan 4 speaker dan 2 tweeter yang tertanam di pilar A, membuat alunan lagu terdengar lebih balk.

Namun, alunan lagu ini tak selalu terdengar jelas. Ketika tunggangan diajak melaju hingga kecepatan agak tinggi, suara audionya mesti sedikit bersaing dengan suara yang ikut terdengar ke dalam kabin. Meski tak terlalu bising, tampak-nya dengan menambahkan sedikit peredam suara, masalah ini bisa teratasi.

Tetapi, ada hal penting yang boleh diacungi jempol pada Avanza ini. Dengan mengusung harga sedikit di atas Rp 150 juta, memang sudah sepantasnya faktor keselamatan diutamakan.

Avanza 1.5 S A/T ini sudah dilengkapi peranti persneling dengan pola gate. Jelas pola ini mampu menyiasati kemungkinan terjadinya human error, yaitu salah masuk posisi pada tuas matik yang sangat potensial terjadi pada tuas dengan pola in-line (segaris) yang sanggup berpindah dengan satu garis lurus saja (meski sudah dilengkapi tombol shiner, tentunya).

Hal lain, yaitu penggunaan rem ABS. Peranti ini sudah terbukti memberikan kendali lebih baik saat pengereman mendadak yang dilakukan sambil bermanuver. Dengan ABS, roda tak mungkin terkunci, sehingga kemudi masih bisa dikendalikan dan arah tunggangan pun terkontrol. Tentu hal lebih baik lagi jika peranti keselamatan lain, seperti SRS Airbag dijadikan standar.

PESAING
Suzuki SX-4 M/T

Suzuki M15A, 4 silinder segaris, 1.490 cc, DOHC, 16 katup VVT.Rp 147,5 juta

Nissan Grand Livina XV M/T
Nissan HR15DE, 1.498 cc, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup CVTC, Rp 155 juta

Sumber : Tabloid Otomotif

Tidak ada komentar: