24 Oktober 2008

Inden Avanza Panjaaang Banget

Pasar otomotif di Jepang menurun drastis menyusul krisis finansial yang terjadi di Amerika. Sementara di Indonesia, dalam satu dua bulan mendatang belum terjadi penurunan secara signifikan. Bahkan, jualan Avanza dan Xenia naik tajam. Dua produk yang berada di bawah bendera Astra, Avanza dan Xenia yang belum lama ini diluncurkan sama-sama memiliki konsumen yang loyal. Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Avanza facelift yang baru diluncurkan pada 14 Oktober lalu kini sudah mencapai 4.000 lebih. Sedangkan SPK Daihatsu Xenia facelift lebih dari 6.000.

“Sampai saat ini penjualan otomotif di tanah air belum terlalu menunjukkan adanya penurunan bahkan cancelling (pembatalan) sekalipun. Mungkin awal tahun depan, imbas krisis finansial di Amerika baru terasa,” ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan beberapa waktu lalu.

Johnny menambahkan, konsumen yang baru akan mengajukan pemesan New Avanza, paling lambat harus menunggu sekitar tiga bulan. “Kami mohon maaf dan berterimakasih kepada seluruh pelanggan yang setia dan percaya kepada Avanza sehingga berkenan menunggu,” tambahnya.

Permintaan Avanza terus tumbuh dari 50 ribuan unit pada 2004 – 2005 kini berkembangan menjadi 60 ribuan pada 2007 – 2008. TAM telah mengantisipasi panjangnya daftar antrian pembeli Avanza dengan mengalihkan sebagian produksi Avanza dari pabrik Daihatsu ke pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Dengan upaya ini inden Avanza bisa dipercepat.

“Sampai sekarang produksi Avanza di pabrik Toyota di Karawang sudah mendekati 2.000 unit per bulan tidak termasuk yang di produksi di Daihatsu, dan akan terus kita tingkatkan, sehinga bisa mendekati permintaan Avanza yang sudah mencapai 9.000 unit per bulan,” ujar Direktur Marketing TAM Joko Trisanyoto.

Kendaraan paling fenomenal di Indonesia ini hanya memerlukan waktu kurang dari 5 tahun untuk menjejak angka lebih dari 270 ribu unit itu hadir dengan tampilan baru untuk 4 tipe, yaitu 1.3 E M/T, 1.3 G M/T, 1.5 S A/T dan 1.5 S M/T.

Dari segi eksteriornya, penambahan ornamen krom pada pintu belakang (S&G), desain baru pada foglamp (S&G), outer mirror (S) dan side moulding (S) menjadikan New Avanza lebih stylish dan mewah, sedangkan center mesh bumper kini tampil lebih sporti (S&G).

Sementara interiornya, kabin New Avanza yang nyaman bagi 7 penumpang kini semakin mewah dan terasa luas dengan warna interior baru (greige). Tipe S A/T kini menggunakan tuas transmisi tipe Gate sehingga pengoperasiannya lebih mudah. Perubahan tampilan terdapat pada material tempat duduk, steering wheel (4 spoke), combination meter. New Avanza tipe E juga telah dilengkapi rear console box.

“Kami optimis, perubahan tampilan dan penambahan spek pada New Avanza ini dapat meningkatkan kenyamanan serta kepuasan para pelanggan, sehingga kredibilitas Avanza di mata masyarakat semakin tinggi, khususnya sebagai The Most Ideal First Car,” ujar Johnny Darmawan.

New Avanza hadir dalam 7 pilihan warna, yaitu Silver Metallic, Champagne Metallic, Black Mica, Aqua Metallic, Light Green Metallic, Wine Red (warna baru), dan Dark Grey (warna baru). Sebagaimana produk-produk Toyota lainnya, juga didukung oleh 186 sales outlet dan layanan purna jual (servis dan spare part) di 165 servis center serta 36 Body&Paint center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Toyota juga memberikan jaminan garansi selama 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.

Sumber : Inilah

Tidak ada komentar: