24 Oktober 2008

Kijang Generasi Keenam

Dengan total penjualan 2 juta unit sejak diperkenalkan di 2004, kini IMV (International Innovative Multi-Purpose Vehicle) menduduki urutan keempat model terlaris Toyota setelah Corolla, Camry dan Yaris di pasar seluruh dunia.

Ide di balik IMV sendiri adalah bagaimana membuat sejumlah tipe kendaraan dengan menggunakan satu platform sasis. Dan hasilnya bisa dilihat pada Kijang Innova, tiga varian pikap Hilux (single-cab, extra-cab dan double-cab) dan SUV Fortuner.

Menarik untuk mencermati mengapa di tengah-tengah tren monocoque saat ini, Kijang Innova tetap dibekali sasis tangga. Hasil survei kami di 2001 menunjukkan bahwa sasis ladder telap pilihan paling bijak bagi mobil keluarga Indonesia sampai 10 tahun mendatang.

Alasannya tentu, kondisi infrastruktur Indonesia yang belum memadai sehingga butuh kendaraan tangguh. Sehingga Kijang Innova tetap dapat dimiliki oleh konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, kehadiran sasis tangga juga membuat tim engineer lebih mudah mengisolasi getaran dan noise akibat jalan sehingga kabin belakang menjadi nyaman. Sesuatu yang sulit kita dapatkan pada MPV berpenggerak depan dan bersasis monokok.

Inilah sebabnya mengapa posisi Kijang Innova menjadi unik dengan menjadi satu-satunya MPV di dunia yang 'duduk' di atas sasis tangga. Sesuatu yang kami banggakan hingga saat ini.

Empat tahun juga dirasa sebagai waktu yang tepat untuk melakukan facelift mengingat lifetime IMV adalah delapan tahun. Jika saatnya tiba, seluruh keluarga IMV akan berganti model secara bersamaan. Entah itu Hilux, Fortuner, ataupun Kijang Innova.

Untuk Kijang Innova sendiri, kami belum memutuskan seperti apakah wujud model generasi kelima nantinya. Sampai saat ini, kami masih melakukan survei untuk menentukan mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tentu sudah ada beberapa ide dasar, namun semuanya masih dalam taraf studi. Bisa saja menggunakan sasis monocoque atau malah masih mengadopsi ladder frame seperti saat ini.

Dan mengingat target Toyota untuk memiliki varian hybrid pada seluruh lineup dijual di seluruh dunia pada 2020, sangat mungkin kami akan meluncurkan Kijang Innova Hybrid tak lama lagi.

Sumber : Autobild Indonesia

Tidak ada komentar: