29 Oktober 2008

Sistem Transportasi Cerdas Toyota

Toyota Motor Corp. dan Toyota Engineering and Manufacturing North America (TEMA) mengumumkan detail mengenai presentasi dan kegitan demo pada 15th Annual World Congress tentang Intelligent Transportation Systems (ITS), Kamis (23/10).

Kongres dunia mengenai ITS tahun ini diselenggarakan di Jacob K. Javits Convention Center, New York, mulai 16 - 20 November 2008. Di ikuti 200 eksibisitor dan 10.000 delegasi, Kongres Dunia 2008 ini menjadi yang paling besar yang pernah digelar.

Selama empat hari itu, Toyota akan berpartisipasi dalam 7 demo ITS di 11th Avenue, New York. "Mobil cerdas" yang dilengkapi 5.9 GHz Dedicated Short Range Communication (DSRC) akan memperagakan kemampuan untuk berkomunikasi antara mobil dengan mobil lainnya maupun antara mobil dengan jaringan infrastruktur. Peragaan juga meliputi adegan tentang upaya mencegah kecelakaan antar mobil atau antara mobil dengan pejalan kaki. Juga memonitor kemacetan lalu lintas yang memberi informasi pada pengemudi berapa kecepatan optimal untuk menjaga agar aliran lalu lintas tetap bisa mengalir secara stabil.

Toyota juga akan berpartisipasi dalam sembilan sesi edukasi. Meliputi upaya-upaya untuk memperbaiki keamanan parkir dan pejalan kaki, pencegahan mengemudi sambil mabuk dan pre-crash safety system.

Aplikasi ITS

  1. Sistem jalan ke kendaraan mencegah pengemudi menerobos tanda stop. Jika ada kemungkinan pengemudi tidak tahu dan dikhawatirkan menerobos lampu merah, pengemudi akan menerima peringatan audio dan visual-display. Jika diperlukan, sistem membantu memperlambat laju mobil hingga kecepatan aman. (lihat gambar 1).

    Intelligent Transport Systems

  2. Sistem kendaraan ke kendaraan untuk mendeteksi mobil yang akan datang dari depan dan belum terlihat. Pengemudi menerima peringatan audio dan visual-display berkaitan dengan mobil yang akan datang serta posisinya.(lihat gambar 2).

    Intelligent Transport Systems

  3. Sistem pedestrian ke kendaraan untuk mendeteksi pedestrian. Pedestrian memakai alat khusus yang mengirimkan sinyal radio. Sinyal inilah di deteksi kendaraan. Pengemudi menerima peringatan audio dan visual-display berkaitan dengan pedestrian (lihat gambar 3).

    Intelligent Transport Systems

  4. TMC juga mendemonstrasikan sistem jalan ke kendaraan untuk mendeteksi mobil yang akan datang.
Sumber : Toyota Indonesia

Tidak ada komentar: