29 Oktober 2008

Penjualan Toyota Nomor 1 di Dunia

Dampak krisis global tidak menyurutkan semangat Toyota tahun ini untuk menjadi nomor 1 di dunia. Prediksi dari berbagai media mengatakan bahwa Toyota akan menggeser posisi General Motors sebagai produsen mobil nomor 1 di dunia.

Bloomberg pun meyakinkan pernyataan bahwa Toyota akan menjadi nomor 1, dengan data selama sembilan bulan 2008, Toyota, termasuk unit Daihatsu dan Hino, Toyota berhasil membukukan penjualan sebanyak 7,051 juta unit mobil di seluruh dunia. Jumlah ini meningkat sekira 1.000 unit dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara GM baru akan mengumumkan hasil penjualannya selama 2008 pada 29 Oktober. Meski demikian, pada semester pertama 2008, Toyota sudah mengungguli GM dengan selisih penjualan sebanyak 278.000 unit. Sedangkan triwulan ketiga (Juli-September) tahun 2008, Toyota menjual sebanyak 2,236 juta mobil. Angka ini turun 4,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Toyota tahun lalu kalah tipis dengan GM dengan selisih penjualan sebanyak 3.100 unit.
Penjualan Toyota sendiri tahun ini unggul di sektor mobil kecil dan hybrid dan penjualan GM yang mengalami penurunan ini tidak terlepas dari lesunya pasar Amerika Serikat yang merupakan penyumbang terbesar penjualan GM. Sedangkan segmen truk dan SUV yang menjadi andalan GM semakin ditinggalkan konsumen yang beralih kepada kendaraan bermesin kecil. Hal ini terjadi karena dampak kenaikan harga bahan bakar.

Tidak ada komentar: