25 November 2008

Toyota Vios : Lincah dan Stabil

Test Drive ViosSebagai majalah otomotif independent seperti Auto Bild, tak mudah memberikan pujian kepada suatu produk. Terlebih jika produk tersebut belum diuji performa dan kemampuannya.

Kali ini yang mendapat giliran pengujian dari rekan-rekan wartawan Auto Bild adalah Toyota Vios. Bila biasanya yang diuji mobil dengan kondisi baru, maka Toyota Vios yang dicoba adalah yang telah menempuh jarak puluhan ribu kilometer. Maklum, tes kali ini mengambil konsep Long Term Test, yakni metode pengujian kemampuan suatu mobil dalam jangka waktu panjang.

Hasilnya..?
Dari segala macam tes yang dilakukan, tim redaksi Auto Bild menyatakan bahwa kemampuan Toyota Vios di atas rata-rata sedan sekelasnya!

Saat diuji bermanuver dengan melewati beberapa kun ala slalom mini, bodi dan sasis Toyota Vios seakan mengerti kemauan pengemudinya. Sedan berkapasitas 1.500 cc ini tetap stabil meskipun harus diajak meliuk-liuk melewati kun.

Ketika dijajal dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan atau tol, bantingan suspensi Toyota Vios terasa lembut. Bahkan bodinya terasa sama sekali tidak limbung. Kabinnya pun diklaim Auto Bild lebih hening.

Satu hal yang menjadikan tim redaksi Auto Bild yakin memacu Toyota Vios dengan kecepatan tinggi adalah fitur safety-nya yang lengkap. Sistem pengeremannya telah menerapkan ABS dan EBD yang terpasang sebagai fitur standar.

Dengan fitur ini roda tak mungkin mengunci dan pembagian kekuatan rem akan disesuaikan dengan cengkeraman yang dimiliki setiap ban. Secara meyakinkan, Toyota Vios memiliki pengendalian dan kestabilan di atas rata-rata. Jadi tak mengherankan pembalap Renaldo P Koesoemo yang menaiki Toyota Vios keluar sebagai jawara di kejuaraan balap nasional bergengsi Indonesian Touring Car Championship.

Bila performa dan kestabilannya telah mendapat pengakuan dari Auto Bild, kini giliran konsumsi BBM-nya. Dalam penggunaannya di segala macam kondisi jalan, tim redaksi Auto Bild dibikin kagum dengan konsumsi BBM-nya yang irit. Bahkan dibandingkan dengan city car pun Toyota Vios tetap unggul.

Tak hanya Auto Bild, konsumen pemakai Toyota Vios juga menyatakan kepuasaannya seperti hasil survey yang disampaikan oleh JD Power Asia Pacific 2008 Indonesia Initial Quality Study (IQS) dari 2006 - 2008. Artinya selama 3 tahun berturut-turut, Toyota Vios selalu berada di puncak kepuasan konsumen.

Pengakuan keunggulan kualitas Vios ini meliputi ekterior, interior, fitur, kenyamanan, dan tentu saja faktor pengalaman berkendaranya. Predikat sebagai sedan Best Value-pun melekat pada Toyota Vios, yang hingga kini masih memimpin di kelas Mini Private Sedan dengan angka penjualan 4.221 unit (Januari - September 2008) atau menguasai pangsa pasar 40,6%.

Sumber : AutoBild

Tidak ada komentar: