24 September 2008

New Avanza Lebih Mahal Rp.5 Juta

Mau tahu berapa harga New Avanza yang akan diluncurkan Toyota sekitar Oktober mendatang? Siapkan uang tambahan sekitar Rp 5 juta dari harga pendahulunya. Itulah harga Avanza minor changes atau yang lebih populer dengan nama Avanza facelift yang akan dilepas ke pasar dalam waktu dekat ini.

Sumber di Toyota menyebutkan setelah dikalkulasi harga Avanza facelift untuk menambah atau mengganti suku cadang yang dipergunakan menghabiskan kurang lebih Rp 5 juta per unit. Harga Avanza saat ini, termurah Rp112.400.000 dan paling mahal Rp 147.700.000.

Dari segi penampilan Avanza facelift yang akan diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) setelah lebaran nanti jauh lebih keren dibanding pendahulunya. Ketidaknyamanan Avanza yang selama ini dikeluhkan konsumen pun tak luput dari perhatian Toyota.

“Pokoknya Avanza yang hanya mengalami perubahan kecil (minor changes) itu jauh lebih sempurna dari pendahulunya,” kata sumber di Toyota, pekan ini di Jakarta.

New Avanza minor changes, kata sumber itu dikembangkan sesuai dengan permintaan customer sehingga menjadi lebih mewah, lebih nyaman, dan lebih aman. “Semua keluhan tentang Avanza sudah banyak yang diperbaiki,” tambahnya.

Avanza memang fenomenal. Dibanding saudara kembarnya Daihatsu Xenia, Toyota Avanza jauh lebih laris. Para pemburu Avanza rela menunggu hingga empat bulan bahkan lebih untuk mendapatkan Avanza yang mereka pesan langsung di dealer-dealer Toyota.

Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan mengaku pusing dengan fenomena menarik ini. “Tapi, kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang masih memperlihatkan apresiasi yang tinggi pada produk medium car Toyota, dan mohon maaf karena membuat konsumen menunggu terlalu lama,” tambahnya.

TAM, tambahnya menjamin daftar tunggu (inden) Avanza bisa dipercepat. Fenomena ini juga terjadi dengan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia. Namun, ATPM ini berjanji akan memperpendek waktu inden Xenia yang sekarang masih sekitar 3-4 bulan menjadi sekitar 1 bulan pada awal tahun 2009 nanti. Caranya dengan meningkatkan volume produksi dari 2500 unit per bulan menjadi sekitar 4000 unit per bulannya. Nah, bagaimana dengan Toyota?

TAM telah mengantisipasi panjangnya daftar antrian pembeli Avanza dengan mengalihkan sebagian produksi Avanza dari pabrik Daihatsu ke pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Dengan upaya ini bisa jadi sebelum tahun depan inden Avanza bisa dipercepat.

Namun tidak dijelaskan berapa banyak unit Avanza yang diproduksi di pabrik Toyota. Kendati begitu, untuk sementara ini Toyota mengaku hanya diberi hak memproduksi Avanza tipe G berwarna hitam.

Sementara tipe-tipe lain masih tetap diproduksi Daihatsu. Namun upaya ini setidaknya bisa memperpendek jarak antrian. Apalagi Avanza tipe G berkelir hitam adalah primadona pemburu Avanza.

Tidak ada komentar: