12 Februari 2009

Toyota Kuasai 39,7% Penjualan Ritel Otomotif Nasional Bulan Januari

Di bulan Januari 2009 ini, PT Toyota-Astra Motor berhasil menguasai pasar otomotif nasional dengan memperoleh market share sebesar 39,7% untuk penjualan ritel dari total penjualan ritel pasar yang diperkirakan sebesar 34.167 unit. Pencapaian bulan Januari ini meningkat dibandingkan dengan penjualan ritel Januari tahun sebelumnya yang mencapai 32,3%.

Produk-produk yang tetap menjadi andalan Toyota dan sangat diminati di pasar Indonesia, yaitu Avanza, berhasil mencapai penjualan ritel di bulan Januari ini dengan angka penjualan sebesar 7.235 unit atau meningkat 31% dari bulan yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 5.521 unit. Toyota Avanza memang merupakan produk yang fenomenal, bagaimana pun kondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia, permintaan Avanza selalu mencapai hasil yang optimal.

Di kelas sedan, Corolla Altis mencapai hasil yang memuaskan dengan memperoleh penjualan ritel sebesar 152 unit atau meningkat 145% dibandingkan dengan penjualan pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Sedan yang menjadi The Best Small Sedan pada penyelenggaraan Indonesian Car of The Year 2008 versi Majalah Mobil Motor memang menjadi pilihan yang tepat untuk para eksekutif yang berkualitas, performa yang tinggi serta didukung oleh pelayanan aftersales yang luar biasa di seluruh cabang Toyota di Indonesia.

Di kelas SUV, Fortuner juga mencatat hasil yang membanggakan dengan meraih penjualan sebesar 498 unit, meningkat 33,2% dari bulan yang sama tahun sebelumnya (374 unit). Sedangkan di kelas passenger car , Toyota Hi-Lux Single Cabin dan Toyota Dyna semakin menunjukan grafik peningkatan yang sangat baik. Di bulan Januari ini, penjualan Hi-Lux Single Cabin mencatatkan penjualan sebesar 452 unit atau meningkat 37% dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya (330 unit). Untuk Toyota Dyna, penjualan di bulan ini mencapai angka 531 unit.

“Pencapaian di awal tahun ini cukup menggembirakan, di tengah kondisi ekonomi yang masih belum stabil ini Toyota berhasil menguasai pasar penjualan ritel sebesar 39,7%. Kami pun akan selalu berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik untuk para pelanggan setia Toyota,” ucap Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Sumber : Toyota Indonesia

Tips Agar Innova Tak Lagi Boros

Toyota Kijang Innova, dengan imagenya yang boros BBM, segera ditepis oleh komunitas Innova. Komunitas ini melakukan beberapa modifikasi agar tunggangan mereka tetap efisien dan hemat BBM.

Untungnya, Innova community dengan murah hari mau membagi-bagikan ilmunya pada kita, sehingga Innova kesayangan kita tetap dapat sering digunakan tanpa khawatir masalah BBM.

Menurut Andi, salah satu perwakilan dari Innova Community, hal dasar yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki kinerja mesin Gasoline untuk mencapai efisiensi BBM yang lebih baik adalah dengan melakukan perbaikan torsi/pumping power pada RPM rendah, sehingga mobil bisa melakukan pergantian gigi lebih awal tanpa harus membuat mesin berputar ke RPM yang lebih tinggi.

"Hal umum yang banyak dilakukan biasanya dengan membuat AFR sedikit lebih rich (slightly rich) dengan tujuan memperbaiki Torsi pada RPM rendah. Tapi sedikit lebih rich saja ya, jangan sampai kelewat rich," ujar Andi ketika dihubungi detikOto, Kamis (12/2/09)

Andi menambahkan, mengingat kondisi mesin pada tiap-tiap mobil berbeda, maka idealnya setting AFR juga diikuti dengan pengamatan terhadap warna ujung elektroda busi.

Selain itu juga dengan memajukan timing pengapian agar mesin bisa mesin bisa mencapai thermal efficiency yang lebih baik.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki pumping power / mengurangi pumping loss yang diakibatkan mekanisme throttle.

Salah satunya bisa dilakukan dengan cara menambah suplai udara ke intake antara Throttle Body dan Cyl head, hanya saja debit udara yang masuk harus benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan mesin.

Kecepatan aliran udara yang menuju mesin / intake manifold juga sangat penting, demikian juga suhu udaranya. Cara untuk membantu mempertahankan kecepatan aliran udara menuju mesin ada bermacam macam, yang terpenting adalah metode yang diterapkan tidak boleh menimbulkan hambatan pada RPM tinggi.

Demikian penjelasan Andi mengenai salah satu cara auntuk melakukan efisiensi dan penghematan bahan bakar pada Innova kesayangan. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi dedengkotnya Innova Community, Kicky di nomor 0818922726.

Sumber : DetikOto

Toyota Meraih Top Brand Award

Kijang Innova, Avanza, dan All New Corolla Altis Meraih Top of Mind Customer

Mengawali tahun 2009, Toyota tidak hanya berhasil menutup tahun 2008 dengan sederetan prestasi membanggakan sebagai market leader, Toyota juga berhasil memperkuat posisi dalam top of mind customer Indonesia. Melalui survei yang digelar oleh majalah Marketing bersama dengan Frontier Consulting Group, Toyota kembali meraih tiga gelar Top Brand Awards.

Top Brand Award, sebuah ajang penghargaan terhadap merek-merek terpilih, melakukan survei berdasarkan parameter top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika ketegori produk disebutkan), last used (merek yang terakhir kali digunakan responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (merek yang ingin dikonsumsi di masa mendatang). Survei Top Brand Award sendiri dilakukan secara face to face interview di 6 kota (Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang dan Surabaya) dengan jumlah sampel mencapai total 3.000 orang dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Dalam kategori Otomotif, Toyota meraih sekaligus tiga penghargaan, Toyota Kijang dan Toyota Avanza untuk kategori Mobil MPV, serta Toyota All New Corolla Altis untuk kategori Mobil Sedan. Dalam kategori MPV, untuk kesekian kalinya Toyota Kijang mendapatkan peringkat teratas (38,8%), meningkat dari tahun sebelumnya (32,9%). Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat Indonesia yang bertahan bahkan kian meningkat, mengingat sejak tahun 2002 hingga 2009 ini, Toyota Kijang menjadi juara bertahan gelar Top Brand untuk kategori Mobil MPV.

“Prestasi Toyota Kijang dalam mempertahankan prestasi ini selama 8 tahun berturut-turut menunjukkan bahwa brand Toyota Kijang telah mengakar sedemikian rupa dan menjadi Top of Mind masyarakat Indonesia. Kami bersyukur bahwa masyarakat Indonesia tetap mempercayai Toyota Kijang sebagai kendaraan keluarga terbaik,” ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor.

Masih dalam kategori yang sama, Toyota Avanza juga berhasil meraih gelar Top Brand dengan 18,4% indeks. Toyota Avanza memang telah menjadi salah satu produk yang fenomenal. Sejak kemunculannya pertama kali, Toyota Avanza telah menorehkan prestasi penjualan yang mencengangkan, tidak hanya selalu memimpin market di kelasnya, permintaan pasar akan Toyota Avanza selalu tinggi dan meningkat setiap tahunnya.

Bersamaan dengan Toyota Kijang dan Toyota Avanza, dalam Top Brand Award 2009 ini, Toyota All New Corolla Altis juga meraih gelar Top Brand untuk segmen Mobil Sedan dengan 18,6% indeks. Toyota All New Corolla Altis, salah satu line up Toyota terlaris, telah berhasil mendapatkan tempat di hati penggemarnya bahkan hingga 10 generasi.

Deretan prestasi yang diukir oleh produk-produk unggulan Toyota menunjukkan bahwa produk-produk Toyota yang berkualitas selalu mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, dan seiring peningkatan serta inovasi-inovasi yang terus dikembangkan Toyota, kepercayaan masyarakat pun kian bertambah. Hal ini tentunya mendorong Toyota untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan demi memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Sumber : Toyota Indonesia

03 Februari 2009

Banyak Merek Turun, Toyota Terbaik

Banyak Merek Turun, Toyota Terbaik Faktor apa yang dianggap terpenting sebelum membeli mobil baru, dan merek apa yang dianggap bisa memenuhi faktor itu. Bagaimana penilaian publik terhadap sebuah merek? Seperti apa anggapan konsumen terhadap sebuah merek? Semua itu coba di cari jawabnya lewat Brand Perception Survey yang dilakukan Consumer Reports setiap tahun.

2009 Brand Perception Survey memperlihatkan dinamika pergeseran posisi antar merek dibandingkan survey serupa tahun lalu. Banyak merek turun, ada yang naik. Toyota termasuk merek yang menunjukkan kenaikan dalam peringkat survei ini.

Brand Perception Survey, mengukur pemahaman konsumen dan mengetahui bagaimana konsumen memposisikan merek-merek dalam urutan rangkin berdasarkan tujuh faktor krusial. Tujuh faktor itu adalah safety, kualitas, peforma, value, efisiensi bahan bakar/ramah lingkungan, disain dan inovasi teknologi. Survei ini juga mengukur faktor-faktor apa yang paling penting bagi konsumen ketika membeli mobil.

Toyota mendapat nilai tertinggi dalam overall brand perception yaitu 193. Toyota nyaris selalu di lima besar di setiap kategori, bahkan menjadi yang paling atas. Posisi Toyota relatif jauh dibandingkan posisi kedua yang mendapat nilai 149. Sebagai pembanding, nilai terendah adalah 7. Namun nilai-nilai itu, tidak merefleksikan kualitas, tapi respon konsumen, demikian pernyataan Consumer Reports dalam rilisnya.

Survei ini dilakukan di USA, dengan melibatkan 1,745 responden yang dirumahnya memiliki sedikitnya satu mobil.

Di kategori safety, Toyota berada di posisi ke empat. Safety adalah faktor terpenting bagi wanita saat membeli mobil. Sementara bagi pria, kualitas diatas segala-galanya.

Di kategori kualitas, Toyota nomer satu, sementara Lexus di posisi ke empat. Lebih dari 25% responden menganggap kualitas paling penting ketika mereka membeli mobil baru. Toyota dikenal memiliki kualitas tinggi, baik kualitas mobil baru maupun daya tahannya. Hal terlihat dalam survei kualitas jangka panjang, dimana nyaris tidak ada masalah yang dialami pemilik dalam tiga tahun pertama memiliki mobil buatan Toyota.

Di kategori value, Toyota berada di posisi kedua. Hampir dari separuh responden menilai value sebuah kendaran merupakan faktor terpenting ketika membeli mobil baru. Dan lebih dari 25% menilai Toyota adalah merek dengan value terbaik.

Kategori kinerja, Toyota berada di posisi ketiga berkat semakin banyaknya konsumen yang menilai mesin Toyota makin bertenaga dan efisien.

Di segmen efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan, Toyota berada diposisi pertama. Dengan selisih signifikan dengan posisi kedua, menegaskan bahwa Toyota identik dengan merek yang efisien dan ramah lingkungan. Reputasi itu dibangun antara lain lewat teknologi hybrid dan mobil kompak irit bensin.

Di kategori disain, Lexus berada di peringkat teratas, melampaui merek-merek mobil mewah yang sudah lebih dulu eksis.
Di kategori Teknologi dan inovasi, Toyota di posisi teratas, dan Lexus di posisi ketiga. Ini indikasi bahwa teknologi Toyota seperti Hybrid Synergy Drive, juga VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent), dan teknologi lainnya, diterima di hati konsumen.

Sumber : Toyota Indonesia