22 Januari 2009

Pencapaian Toyota di 2008

Tetap Memimpin Pasar Otomotif Nasional

Tahun 2008 merupakan tahun yang sangat luar biasa bagi PT Toyota Astra Motor. Pada tahun ini berbagai prestasi berhasil diraih oleh Toyota. Total penjualan sebesar 212.150 unit yang merupakan rekor penjualan Toyota dalam beberapa tahun belakangan ini pun berhasil dicapai. Dan yang semakin membanggakan adalah produk-produk Toyota yang berhasil mencatatkan angka penjualan teratas di kelasnya yang menjadikan produk tersebut sebagai pemimpin pasar di kelasnya masing-masing, seperti Camry, Kijang Innova, Avanza, Rush dan Vios.

Pada tahun 2008 ini penjualan Toyota berhasil menembus angka 212.250 unit (34,9%), meningkat dari penjualan tahun 2007, sebesar 150.677 (34,7% market share). Prestasi ini menunjukan keberhasilan Toyota menembus target penjualan tahun 2008 yaitu 34%, sekaligus merupakan prestasi penjualan tertinggi Toyota selama 5 tahun terakhir.

“Kami bersyukur, pencapaian ini merupakan refleksi meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap layanan dan produk terbaik Toyota, bahkan di saat kondisi pasar otomotif tidak terlalu kondusif. Toyota menjadi no.1 di kategori sedan dan 4x2,” ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor

Di kelas sedan, Toyota berhasil menjadi jawara. Untuk kelas medium sedan, Camry berhasil menjadi pemimpin dengan total angka penjualan 2008 sebanyak 3.190 unit atau berhasil menguasai market share sebesar 44%. Sedangkan di kelas mini sedan, Vios menjadi yang terbaik dengan total penjualan selama 2008 sebesar 6.098 unit atau menguasai pangsa pasar 46,6%. Hal ini membuktikan Vios sang “Fuelsaver & Speedmaker” diminati oleh konsumen di Indonesia karena memiliki fitur yang canggih, mewah, nyaman dan tentunya merupakan sedan yang memiliki best value. Prestasi lainnya dari sedan Toyota adalah berhasil diraihnya predikat Indonesian Car of The Year untuk kelas Best Small Sedan yang diraih oleh Corolla Altis.

Di kelas MPV, Toyota tetap yang terbaik. Kijang Innova tetap menjadi raja di kelasnya dengan total penjualan 2008 sebesar 51.189 unit atau menguasai 64,4% pangsa pasar. Sedangkan Sang Fenomenal, Avanza, menjadi mobil terlaris selama 3 tahun berturut-turut dengan total penjualan 2008 sebesar 85.535 unit (51,8%). Avanza pun berhasil memecahkan rekor yang berhasil meraih penjualan lebih dari 280.000 unit hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun yang semakin membuat Avanza menjadi kendaraan paling fenomenal di Indonesia.

“Toyota sangat bersyukur dan berterima kasih, terutama kepada rekan-rekan media, karena tercapainya hal tersebut berkat kerjasama dan dukungan yang tak henti-hentinya dari seluruh rekan-rekan media. Mengawali tahun 2009 ini, semoga kerjasama dan dukungan yang terjalin dengan rekan-rekan media semakin erat, “ tambah Johnny Darmawan.

Sumber : Toyota Indonesia

Tidak ada komentar: